Cari Blog Ini

Hosting Gratis

Sabtu, 17 Mei 2014

Belajar Visual Basic 6.0



Setelah anda tahu Cara Install Visual Basic 6.0 pada Komputer anda, kini akan dibahas Komponen dasar Visual Basic 6.0. Fungsi dari Pengenalan ini adalah anda akan tahu beberapa Komponen yang pastinya akan digunakan dalam membuat Aplikasi dengan Visual Basic 6.0 ini.

Gambar diatas adalah Tampilan pertama jika anda membuka Visual Basic 6.0 dengan pilihan Standard EXE. Didalam tampilan utama tersebut akan terdapat Komponen-komponen yang dibutuhkan jika anda akan membuat sebuah Program dengan Visual Basic 6.0

Dan beberapa Komponen pada Visual Basic 6.0 diatas adalah :
  1. Menu Bar
    Menu Bar seperti yang biasa kita lihat dalam Microsoft Office. Di dalamnya terdafat menu File, Edit, View, Project, Format dan sejenisnyaAtau bisa disebut juga Menu dasar untuk Edit, View, Project, Debug, dan lainnya.
  2. Tool BarFasilitas ini dapat mempercepat pengaksesan perintah-perintah yang ada dalam pemrograman. Secara default, toolbar jenis Standard yang akan ditampilkan saat Anda memulai Visual Basic. Untuk menampilkannya, dengan memilih menu View Toolbars - kemudian beri tanda centang pada pilihan Standard.
  3. Form
    Form sering disebut dengan GUI (Graphical User Interface), adalah sebuah objek yang digunakan untuk menempatkan objek-objek dari ToolBox atau Sebuah window yang berisi tombol-tombol kontrol yang akan Anda gunakan untuk mendesain atau membangun sebuah form atau report. Selain tombol kontrol Standard, Anda juga dapat menambahkan sendiri tombol kontrol yang lain.
  4. ToolBox
    ToolBox adalah window yang berisi objek-objek untuk ditempatkan dalam form. Contohnya objek Label, TextBox, ListBox, ComboBox, Frame, dan sejenisnya
  5. Project Window
    Project Window adalah sebuah window yang menampung project dan Form. Di dalamnya juga terdapat ikon View Code (untuk menampilkan area text editor) dan ikon View Object (untuk menampilkan GUI). Dengan menggunakan project window ini kita juga dapat menambah form, menghapus, mengganti nama form, memilih startup project dan lain-lain. atau Window ini menampilkan daftar form, modul, serta objek lain yang ada dalam project yang aktif. Sebuah project merupakan sekumpulan file yang Anda gunakan untuk membangun sebuah aplikasi.
  6. Properti Window
    Properti window adalah sebuah window yang digunakan untuk memodifikasi objek berupa mengubah Caption, memberi nama objek, mengubah warna, ukuran, model dan sejenisnya. atau Window ini digunakan untuk mengatur properti sebuah objek atau kontrol yang Anda pilih. Sebuah properti merupakan karekteristik objek, seperti size, caption, atau color. Untuk menampilkannya, dengan memilih menu View Properties Window.
  7. Window Form Layout
    Window ini dapat Anda gunakan untuk mengontrol posisi form pada aplikasi Anda menggunakan sistem grafik dalam sebuah
    layar. Dengan fasilitas ini, Anda dapat melihat dan mengetahui posisi form yang baru Anda desain.
    Untuk menampilkannya, dengan memilih menu View- Form Layout Window.
  8. Form Designer
    Yaitu sebuah window yang dapat Anda gunakan untuk mengatur tampilan aplikasi yang Anda susun, atau dengan kata lain, sebagai tempat untuk mendesain sebuah form. Dalam form ini, Anda dapat menambahkan kontrol, grafik, dan gambar ke dalam form pada posisi yang Anda inginkan.
Semoga dengan Postingan diatas teman teman pembaca blog Teknik Mesin Unisma dimanapun berada semakin tahu fungsi dari komponen Visual Basic 6.0 dan Lebih tau Fungsi Visual Basic 6.0.

Salam 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hosting Gratis